Direktorat Penjaminan Mutu UNY Selenggarakan Workshop Penyusunan Draft Kurikulum Prodi Berbasis Luaran (OBE) Klaster Sekolah Pascasarjana

.            Sabtu, 23 Maret 2024. Direktorat Penjaminan Mutu (DPM) UNY menyelenggarakan Workshop Penyusunan Draft Kurikulum Prodi berbasis Luaran atau Outcome based Education (OBE) di Ruang Ballroom Hotel UNY. Acara ini dihadiri oleh Direktur Direktorat Penjaminan Mutu UNY, Direktur Sekolah Pascasarjana UNY, Sekretaris Direktorat Penjaminan Mutu UNY, Kepala dan Sekretaris Pusat Sertifikasi dan Akreditasi (Pusera) DPM UNY, serta peserta beberapa prodi di lingkungan Sekolah Pascasarjana UNY meliputi Prodi S-3 Ilmu Pendidikan, Prodi S-3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP), Prodi S-3 Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK), Prodi S-2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP), dan Prodi S-2 Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK). Kepala Pusat Sertfikasi dan Akreditasi (Pusera) DPM UNY, Dr. Dwiyanto Djoko Pranowo, M.Pd. mengungkapkan bahwa workshop ini adalah tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi pengembangan kurikulum berbasis luaran yang telah diselenggarakan DPM beberapa bulan lalu. Workshop ini melibatkan tim pengembang kurikulum untuk mengembangkan poin penting dalam kurikulum seperti profil lulusan, rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) prodi, struktur kurikulum, proses pembelajaran, serta asesmen yang digunakan. Direktur Sekolah Pascasarjana UNY, Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan agenda ini perlu dilakukan untuk memajukan Sekolah Pascasarjana UNY yang berkualitas internasional. Maka dari itulah, kurikulum masing-masing prodi perlu disesuaikan dengan kebutuhan zaman.

Direktur Direktorat Penjaminan Mutu UNY, Prof. Dr. Suharjana, M.Kes., mengungkapkan dalam pembukaan kegiatan bahwa workshop ini akan menjadi agenda tahunan sebagai upaya UNY menuju World Class University (WCU). DPM UNY berkomitmen untuk selalu mendampingi proses akreditasi internasional dari tiap masing-masing prodi dengan maksimal. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pendampingan dari beberapa pendamping penyusunan Kurikulum berbasis Luaran (OBE). Masing-masing prodi nantinya akan merumuskan struktur kurikulum seperti profil lulusan, rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) prodi, struktur kurikulum, proses pembelajaran, serta asesmen yang digunakan. Kegiatan ini diharapkan menjadi dasar persiapan menuju akreditasi internasional dalam klaster Sekolah Pascasarjana UNY. (AR)