Menjelang Asesmen Lapangan FIBAA Klaster FBSB UNY, Direktorat Penjaminan Mutu UNY Selenggarakan Workshop Penyusunan Video Profil dan Laman Prodi

         Kamis, 21 Maret 2024, Pusat Sertifikasi dan Akreditasi (Pusera) Direktorat Penjaminan Mutu UNY menyelenggarakan workshop penyusunan video profil dan laman program studi sebagai persiapan asesmen lapangan akreditasi internasional oleh FIBAA. Adapun, empat program studi dari Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB) UNY akan melakukan asesmen lapangan tersebut. Empat prodi tersebut adalah Prodi Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Daerah, Prodi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Produ S-1 Pendidikan Bahasa Prancis, dan Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Jerman. Workshop ini diselenggarakan di Ballroom 3 Hotel UNY dan dihadiri Rektor UNY yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan serta Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumber Daya, Pusat TIK UNY, tim taskforce penyusun borang dari empat prodi tersebut, dan dari DPM UNY.

          Kegiatan diawali dari sambutan Direktur Direktorat Penjaminan Mutu UNY, Prof. Dr. Suharjana, M.Kes. yang memberikan gambaran tujuan penyelenggaraan program adalah untuk cek kesiapan prodi menghadapi akreditasi FIBAA. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO. menyampaikan bahwa kegiatan ini harus dimaksimalkan untuk mengangkat UNY sebagai world class university. Oleh karena itu, konten untuk pembuatan video profil dan laman prodi meliputi kebijakan universitas ke prodi seperti visi misi universitas, konten borang, dan konten pendukung. Karena kegiatan asesmen lapangan FIBAA akan dilaksanakan tanggal 22-24 April 2024, maka harapannya kegiatan harus dikerjakan dengan baik dan maksimal. Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumber Daya, Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini harus dilakukan dengan maksimal agar akreditasi UNY tidak turun. UNY sebagai PTNBH harus bisa meminimalisasi segala kekurangan tersebut. Pihak Rektorat pula akan mengusahakan secara optimal untuk peningkatan kualitas lembaga UNY.

Kegiatan kemudian dilanjutkan oleh Pusera. Penjelasan teknis kegiatan disampaikan Sekretaris PUSERA, Dyah Setyowati Ciptaningrum, Ed.D., bahwa kegiatan terdiri atas laporan progres persiapan rancangan laman. Setiap prodi mempersiapkan rancangan revisi website setiap prodi sebagai wajah utama yang menyediakan dokumen dan laporan terbuka sebagai tools tambahan dalam menghadapi asesmen lapangan akreditasi internasional FIBAA. Kedua, mempersiapkan rancangan script video profil setiap prodi sebagai sarana pengenalan program studi beserta fasilitasnya sebagai salah satu syarat dokumen dalam menghadapi asesmen lapangan akreditasi internasional FIBAA. (AR)