Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Bermuatan Karakter Pancasila

Berita PPM SMAN 1 Galur

        .Direktorat Penjaminan Mutu Universitas Negeri Yogyakarta telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat bagi guru-guru SMA Negeri 1 Galur melalui pelatihan yang bertujuan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat sekolah menengah atas (SMA) dengan memasukkan nilai-nilai Pancasila sebagai bagian integral dari kurikulum. Kali ini, pelatihan difokuskan pada pengembangan modul ajar yang bermuatan karakter Pancasila, yang bertempat  di SMA Negeri 1 Galur, pada tanggal 14 Maret 2024.

Sambutan pembuka dalam acara ini disampaikan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Galur, Ibu Tentrem Lestari, S.Pd., M.Pd, yang menyampaikan apresiasi atas inisiatif UNY dalam mendukung pengembangan kurikulum yang berfokus pada pembentukan karakter siswa. Sementara itu, acara resmi dibuka oleh Direktur Direktorat Penjaminan Mutu UNY, Prof. Dr. Suharjana, M.Kes, yang menekankan pentingnya pengembangan modul ajar yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam meningkatkan mutu pendidikan.

 

Pelatihan ini diikuti oleh 31 guru dari SMAN 1 Galur, Kulonprogo, yang dengan antusias mengikuti beragam sesi yang diselenggarakan. Sekaligus menjadi wadah bagi peserta untuk memperdalam pemahaman para guru untuk memperdalam pemahaman mereka tentang pengintegrasian nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran.

 

Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Aman, M.Pd, pakar pendidikan yang memiliki pengalaman luas dalam pengembangan modul ajar dengan nilai-nilai Pancasila. Beliau memberikan wawasan mendalam tentang penyusunan modul ajar yang berkesinambungan dengan pembentukan karakter siswa.

 

Selama pelatihan, peserta mendapatkan pemahaman mendalam tentang bagaimana menyusun modul ajar yang tidak hanya mencakup materi pembelajaran, tetapi juga memasukkan nilai-nilai luhur Pancasila. Diskusi dan praktik langsung menjadi bagian integral dari pelatihan ini, memungkinkan peserta untuk mendapatkan wawasan dan keterampilan baru dalam mengembangkan modul ajar yang relevan dan bermakna bagi siswa.Selanjutnya peserta pelatihan diberi tugas untuk membuat modul ajar.Setelah menyelesaikan pelatihan, para peserta diberikan sertifikat sebagai pengakuan atas partisipasi dan kompetensi yang telah mereka peroleh.

 

Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen UNY dalam mengembangkan pendidikan karakter yang kokoh di Indonesia, serta memberikan dukungan konkrit kepada para pendidik dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah-sekolah. Diharapkan diadakannya kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan hasil pelatihan ini ke dalam praktik pembelajaran di sekolah mereka, sehingga tercipta generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi bangsa. (Vita)