Pembukaan PPL Mahasiswa Universiti Teknologi Malaysia di Sekolah Mitra UNY

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menerima  9  orang mahasiswa Universiti Teknologi Malaysia(UTM)  yang didampingi oleh  Dr. Zainudin Abu Bakar, Dosen Pendamping dari UTM. (Senin, 16/02/2015).  Para mahasiswa UTM berasal dari jurusan Bahasa Inggris, Teknik Sipil dan Teknik Mesin. Rencananya, mereka akan melaksanakan praktik mengajar di sekolah mitra UNY yakni SMK N 2 Depok, Sleman.
“Hasil kegiatan PPL internasional UNY dan UTM dinilai baik dan menggembirakan sehingga program ini kembali dilanjutkan tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang,” ungkap Dr. Zainudin Abu Bakar.
Dalam sambutannya  ia juga mengucapkan terima kasih dan mengharapkan bimbingan dosen-dosen UNY bagi kesembilan mahasiswa UTM  tersebut.
“Semoga praktik mengajar ini dapat memberikan mereka bekal untuk menjadi guru kelak,“ pungkasnya.
Prof. Suwarsih Madya, Ph.D., Wakil Rektor IV yang membawahi bidang kerjasama dan pengembangan menyambut kedatangan delegasi UTM seraya memberikan semangat kepada mahasiswa agar mampu  mengambil banyak manfaat dari kegiatan ini.
 “Saya senang sekali mendengar bahwa program ini adalah program lanjutan tahun lalu karena dinilai bermanfaat dan berguna bagi semua pihak. Bagi saya, kegiatan ini tidak hanya mengenai praktik mengajar tetapi juga banyak hal lainnya seperti memahami perbedaan bahasa. Kultur pendidikan di Yogyakarta dan Malaysia tidaklah sama persis karena terjadi dalam konteks budaya yang berbeda. Semoga dua belah pihak bisa saling belajar ” demikian sambutan Prof. Suwarsih Madya Ph.D.
Sementara itu, Dr. Moch. Alip, M.A., Wakil Rektor II UNY, secara simbolis menyerahkan kit PPL kepada Nurul Syazana, perwakilan mahasiswa UTM. “Ini merupakan bentuk persahabatan dan kerjasama kedua universitas,” tandasnya.
Acara ini dilanjutkan dengan Workshop Mekanisme Pelaksanaan PPL di UTM oleh Prof. Dr. Zaenudin Bin Abu Bakar. Para dosen pembimbing pun turut serta dalam diskusi yang juga membahas penilaian performa mahasiswa selama melaksanakan PPL tersebut. (laksa/yla)