Pusat Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran

PUSAT INOVASI PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN

                  Kepala Pusat                    Sekretaris Pusat                      Admin                
      
Dr. Sunaryo Soenarto, M.Pd. Dr. Ratna Wardani, M. Rifqi Nur Setyawan, S.Pd.T.

 

VISI DAN MISI

Pusat Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran atau PIP3 merupakan salah satu pusat pelaksana strategis dari struktur utama Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Negeri Yogyakarta. PIP3 merupakan pusat pengembangan berbagai inovasi pendidikan dn pembelajaran. Sebagai bagian dari LPMPP, PIP3 memiliki Visi dan Misi sebagai berikut:

Visi:

Menjadi institusi pusat pengembangan kurikulum, aktifitas instruksional, sumber dan media pembelajaran inovatif menuju peningkatan mutu pendidikan dan profesi kependidikan.

Misi:

  • Mengembangkan, mengkaji dan mengkoordinasikan kurikulum program studi untuk program kelas regular dan program kelas internasional sesuai kebutuhan pemangku kepentingan pendidikan, masyarakat dan dunia usaha
  • Mengembangkan, mengkaji dan memanfaatkan model-model pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi dan diklat
  • Mengembangkan, mengkaji dan memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi dan diklat
  • Membina peningkatan komptensi dosen di bidang pengembangan kurikulum, pembelajaran, sumber belajar, media pembelajaran daan multimedia

 

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Pusat Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran mempunyai tugas dan fungsi yang sejalan dengan tugas dan fungsi Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan, yaitu melaksanakan kegiatan pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang meliputi:

Program Pengembangan Kurikulum

  1. Mengembangkan dan mengkaji  kurikulum program kependidikan dan program nonkependidikan,
  2. Mengevaluasi implementasi kurikulum program kependidikan dan program non kependidikan,
  3. Mengkaji kurikulum pendidikan dasar dan pendidikan menengah,
  4. Memberikan masukan kepada pimpinan lembaga pendidikan dalam kebijakan pengembangan     kurikulum,
  5. Meningkatkan layanan konsultasi kurikulum bagi sivitas akademisi UNY  dan masyarakat pendidikan,
  6. Memberikan layanan pelatihan pengembangan kurikulum,
  7. Mengembangkan database kurikulum program study di perguruan tinggi dan kurikulum sekolah.

 

Program  Pengembangan Pembelajaran

  1. Mengembangkan dan mengkaji sistem dan pendekatan pembelajaran,
  2. Mengembangkan dan mengkaji model pembelajaran perkuliahan teori dan praktik,
  3. Mengembangkan dan mengkaji model - model pembelajaran inovatif,
  4. Mengembangkan dan mengkaji model bahan ajar online,
  5. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dan dosen dalam mengembangkan model-model pembelajaran,
  6. Membina profesionalitas dosen yunior dan dosen senior di bidang pembelajaran,
  7. Memberikan layanan konsultasi pembelajaran bagi civitas akademika UNY dan masyarakat pendidikan,
  8. Memberikan layanan pelatihan/Bimtek pembelajaran, program PEKERTI dan program Applied Approach (AA) bagi dosen yunior/ senior.

 

Program Pengembangan Media dan Sumber Belajar

  1. Mengembangkan dan mengkaji media dan sumber belajar untuk pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi,
  2. Mengembangkan dan mengkaji media audio visual, multimedia berbasis komputer, media pembelajaran online, dan media cetak,
  3. Mengembangkan dan memproduksi media program audio, visual, program video pembelajaran, dan program multimedia pembelajaran interaktif,
  4. Memberikan layanan konsultasi program audio, visual, program video dan program multimedia pembelajaran interaktif,
  5. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dan dosen dalam mengembangkan program audio, program video dan program multimedia pembelajran interaktif,
  6. Memberikan pelatihan/bimtek produksi program audio, visual, program video, dan program multimedia pembelajaran interaktif.

 

TUJUAN DAN PROGRAM KERJA

Tujuan

PIP3 sebagai salah satu pusat di Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan memiliki tujuan:

  • Mengembangan inovasi-inovasi pendidikan dan pembelajaran melalui pemanfaatan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mendukung pencapaian IKU khususnya IKU ke-tujuh yaitu embelajaran yang partisipatif dan kolaboratif.

 

 

Program Kerja

  1. Melaksanakan Program PEKERTI
  2. Melaksanakan Program Applied Approach
  3. Melaksanakan program pelatihan pengembangan Media Pembelajaran
  4. Melaksanakan workshop inovasi pembelajaran
  5. Melaksanakan Pelatihan Dasar Pembuatan Video Pembelajaran
  6. Melaksanakan pelatihan penggunaan e-learning
  7.  

PEKERTI:

  • Menghasilkan rancang program pembelajaran jangka panjang (silabus/RPS) satu semester dan jangka pendek (Satuan Acara Perkuliahan/SAP)
  • Memliki keterampilan mengajar
  • Mampu mengevaluasi hasil belajar mahasiswa dengan benar

Applied Approach (AA)

  • Merancang program evaluasi perkuliahan
  • Merekonstruksi matakuliah yang diamu
  • Membuat kontrak perkuliahan
  • Mengembangkan bahan ajar

 

Program Layanan

  • Memproduksi media pembelajaran
  • Memproduksi multimedia pembelajaran
  • Layanan klinis pembelajaran
  • Pendampingan pengembangan kurikulum pendidikan dan pelatihan
  • Pendampingan pengembangan kompetensi pendidik