SOSIALISASI PERUBAHAN KEBIJAKAN PELAPORAN TRACER STUDY 2021 DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Menindak lanjuti surat dari Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tertanggal 7 Februari 2021 perihal Pelaporan Hasil Penelurusan Alumni (Tracer Study) Tahun 2021, Pelaporan tracer study akan di tutup pada tanggal 01 Maret 2021 ke laman http://tracerstudy.kemdikbud.go.id.

Berdasarkan surat tersebut pada tanggal 23 Februari 2012 hari Selasa, Universitas Negeri Yogyakarta melalui Pusat Sertifikasi dan Karir di bawah Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) langsung mengadakan kegiatan sosialisasi dan koordinasi berkaitan dengan kegiatan Tracer study dengan model daring. Kegiatan Sosialisasi dan koordinasi ini berkaitan dengan adanya perubahan dalam pelaporan Tracer Study 2021 tersebut.

Dalam kegiatan ini mengundang seluruh Wakil Dekan Bidang 1 dan seluruh pengelola Program studi yang ada di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini di buka oleh Wakil Rektor I Bidang Pendidikan UNY, dalam arahannya untuk selalu meningkatkan hasil tracer study dengan menyajikan informasi yang mendalam dan rinci mengenai kecocokan/match kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). Dengan demikian, tracer study dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya,

Kegiatan sosialisasi ini langsung diteruskan oleh Ketua Pusat Sertifikasi dan Karir LPMPP UNY Dr. Minta Harsana, M.Sc dengan pengenalan sistem http://tracer.uny.ac.id serta pemberian Pasword dan Username kepada seluruh Wakil Dekan Bidang I dan prodi, hal ini bertujuan agar semua fakultas dan program studi lebih mudah mencari data dan bisa memantau perolehan data dalam penelusuran alumninya.

Kegiatan Tracer study tahun 2021 ini ada dua sasaran yaitu penelusuran alumni yang lulus pada tahun 2019 sejumlah 4.646 responden dan tahun 2020 sejumlah 3.526 responden, responden tersebut tersebar dalam tujuh fakultas dan 82 Program studi dibawah Universitas Negeri Yogyakarta.