Sosialisasi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Asesor dan Calon Asesor Sertifikasi Guru

Selasa-jumat, 30 Juli-2 Agustus 2013, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Profesi Nonkependidikan (P4TKN) Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan seminar sosialisasi konsep dan implementasi kurikulum 2013 bagi asesor dan calon asesor Sertifikasi Guru Rayon 111.

Mengawali acara, sambutan dari Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed  selaku ketua LPPMP. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan  bahwa asesor yang ada di rayon 111 sebanyak 597 orang yang sudah memiliki Nomor Induk Asesor (NIA),sedangkan calon istruktur baru  110 orang. Selama empat hari yang terbagi menjadi dua gelombang, asesor dan calon asesor mengikuti pembekalan implementasi kurikulum 2012 di Auditorium UNY.  Dengan narasuber dari Pusat Pengembangan Profesi Didik, Dr. Sri Wardani dan Tim narasumber nasional dari Jakarta.

Dalam kesempatan ini Wakil Rektor 1 Wardan Suyanto, Ed.D hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara.  Menurutnya dengan adanya perubahan minset pada kurikulum 2013 ini, asesor harus mengetahui dan menguasai elemen-elemen perubahan didalamnya. “Perubahan ini menuntut usaha ekstra dari semua pihak  karena memang setiap perubahan memerlukan energi yang lebih”, ucapnya. Asesor yang akan bertugas menyampaikan materi dalam Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PPLG) 2013 ini juga ikut bertanggung jawab dalam usaha meningkatkan kompetensi guru di Indonesia.  “Guru yang mengikuti sertifikasi atau PLPG seharusnya memiliki kompetensi yang lebih baik dan tentunya melebihi kompetensi guru yang tidak ikut sertifikasi”, tambahnya.

Selanjutnya Dr. Edi Purwanto, M.Pd sebagai kepala P4TKN sekaligus ketua pelaksana kegiatan ini melaporkan bahwa jumlah guru yang akan mengikuti PLPG di rayon 111 tahun ini sebanyak 7280 orang dari 58 mata pelajaran  dan 36 prodi. Jumlah guru peserta terbanyak dari prodi PGSD sebanyak 2400 guru, PAUD sebanyak 2300 guru dan FIK sebanyak 757 guru. Mereka akan mulai mengikuti PLPG yang gelombang pertama akan dilaksanakan pada pertengahan agustus 2013.