MAHASISWA BURAPHA UNIVERSITY, THAILAND SIT-IN DI UNY

Rabu, 18 Juni 2014, UNY mengadakan welcoming ceremony  untuk program sit-in bagi mahasiswa program sarjana dan pascasarjana Burapha University, Thailand. Acara penyambutan mahasiswa asal Thailand ini diisi dengan kuliah singkat, presentasi, dan diskusi tentang pendidikan di Indonesia dan Thailand. Prof. Suwarsih Madya, Ph.D., Wakil Rektor IV Bidang Pengembangan dan Kerjasama dan Dr.-Ing. Satoto Endar Nayono, M.Eng., M.Sc., Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan bersama Asst. Prof. Sadayu Teeravanittrakul, Associate Dean for Student Development Affairs, dan Asst. Prof. Wimonrat Chaturanon, Associate Dean for Academic Affairs, dari Burapha University berkesempatan menghadiri acara yang berlangsung di Ruang Rapat Senat Barat tersebut.

Asst. Prof. Sadayu Teeravanittrakul mengatakan, “Pihak Burapha University antusias dengan program sit-in ini dan saya berharap mahasiswa dapat mengenal Indonesia lebih dalam karena di Thailand sangat sedikit yang mereka pelajari tentang Indonesia.” Ia pun memberikan tanggapan positif terhadap pelatihan bahasa Indonesia yang mereka ikuti pada hari sebelumnya.

Diskusi tentang pendidikan di Thailand ini diawali dengan kuliah dari Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. tentang perkembangan sistem pendidikan di Indonesia. Seusai kuliah tersebut, Asst. Prof. Wimonrat Chaturanon mempresentasikan tentang sistem pendidikan di Thailand.

Mahasiswa Burapha University pun berpartisipasi dalam diskusi ini. Beberapa bahan diskusi yang menarik bagi mahasiswa program sarjana adalah kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa program S1 UNY selama di kampus. Begitu pula bagi mahasiswa program pascasarjana Burapha University, kegiatan akademik mahasiswa pascasarjana UNY serta proses pendidikan dan perekrutan guru di Indonesia menjadi perhatian selama tanya-jawab berlangsung.

Setelah welcoming ceremony, mahasiswa Thailand berkenalan dan berdiskusi dengan mahasiswa UNY yang akan mengikuti PPL internasional di Thailand. Kegiatan penyambutan delegasi Burapha University ini turut dihadiri oleh Direktur, Wakil Direktur, dosen, dan mahasiswa Program Pascasarjana UNY, serta perwakilan dari LPPMP. (yla)