LPMPP MENERIMA KUNJUNGAN DARI PENJAMU UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Pada hari Kamis tanggal 08 April 2021, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) UNY menerima kunjungan dari Pusat Penjaminan Mutu Universitas Negeri Semarang. Kunjungan tersebut terdiri dari enam orang peserta dengan dipimpin oleh Agung Yulianto, S.Pd, M.Si yang menjabat sebagai Ketua Badan Penjaminan Mutu. Maksud dan tujuan kunjungan adalah Benchmarking Program Klaster Perguruan Tinggi dan Akreditasi Internasional.

Dalam sambutannya ketua rombongan menjelaskan bahwa kedatangan tim bermaksud untuk belajar banyak hal terkait bagaimana menjadi kluster I serta mempertahankan agar tetap bisa menjadi kluster I serta belajar tentang bagaimana pengelolaan kegiatan di LPMPP.

Kunjungan diterima oleh Sekretaris Lembaga, Kepala Pusat Penjamu, Direktur Pasca Sarjana dan jajaran Bagian Tata Usaha LPMPP. Dalam sambutannya Sekretaris LPMPP menjelaskan bahwa pada tahun 2021 ada lima pusat dibawah LPMPP yaitu Pusat Pengembangan Mutu, Pusat Audit Monitoring dan Evaluasi Pendidikan Tinggi, Pusat Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, Pusat Sertifikasi dan Karier dan Pusat Pengembangan dan Pelayanan MKU. Pada Pusat Audit, Monitoring dan Evaluasi hal-hal yang dilakukan adalah kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Pada kegiatan pembelajaran disamping dilakukan monitoring juga dilakukan audit atas proses dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil audit dilakukan pada masing-masing prodi dan hasilnya bisa langsung diakses oleh prodi untuk ditindaklanjuti. Pada Pusat sertifikasi dan karier saat ini sedang dikembangkan pada setiap fakultas punya tempat uji kompetensi. Hal ini dimaksudkan agar alumni mahasiswa UNY disamping punya bukti kelulusan, juga punya bukti ketrampilan lain sebagai pendukung dalam memasuki dunia kerja.

Pada Pusat Penjamu saat ini sedang mempersiapkan 16 borang akreditasi untuk persiapan akreditasi, baik oleh BAN PT maupun akreditasi Internasional. Dalam rangka mendukung terpenuhinya standar jumlah Guru Besar di UNY saat ini ada tim Percepatan Guru Besar. Pada masing-masing prodi diberi dana dari UNY untuk mempersiapkan Guru Besar lewat borang.

Dalam diskusinya masing-masing anggota tim UNES mengemukakan pertanyaan-pertanyaan terkait akreditasi, inovasi pembelajaran, standar penjaminan mutu internal, pengelolaan kerjasama dan lain-lain. Acara ditutup dengan foto bersama.

 

 

.