Lembaga Sertifikasi Profesi UNY gelar Workshop Penyusunan Materi Uji Kompetensi (MUK) guna mengoptimalkan Indikator Kinerja Utama Universitas.

Pada hari Kamis tanggal 08 April 2021 Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan koordinasi dan workshop penyusunan materi uji kompetensi dengan menyesuaikan format terbaru yang berlaku di BNSP. Workshop tersebut diselenggarakan dalam rangka mensukseskan program uji kompetensi mahasiswa.

Tuntutan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) akan tenaga kerja yang berkualitas dan kompeten menginisiasi kegiatan workshop ini. Selain itu, LSP UNY berupaya meningkatkan kualitas dan kemampuan para Assessor kompetensi khususnya dalam penyusunan perangkat sertifikasi profesi agar sesuai dengan ketentuan terbaru yang berlaku.

Harapan dari pelaksanaan workshop ini adalah tersusunnya Materi Uji Kompetensi (MUK) yang berkualitas guna memenuhi kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sehingga dapat mengukur dengan komprehensif kompetensi mahasiswa UNY.

Workshop diselenggarakan secara luring dengan narasumber Ir. Mukhamad Wakid S.Pd., M.Eng. selaku Wakil Ketua LSP UNY yang telah lebih dahulu mendapatkan materi RCC untuk penyusunan MUK. Kegiatan dilanjutkan pada 09 April 2021 secara daring yang fokus orientasi pada hasil dokumen MUK. Salah satu tantangan yang harus dihadapi peserta yaitu harus menyelesaikan MUK dalam waktu yang relatif singkat sehingga dibutuhkan kerja ekstra agar dapat terselesaikan sesuai target.

Kegiatan diikuti oleh 45 assessor kompetensi dan calon asesor kompetensi yang sekaligus berperan sebagai pengelola LSP UNY Periode 2021-2024. Kegiatan dibuka oleh Prof. Dr. Samsul Hadi M.Pd.,M.T. selaku Sekretaris LPMPP yang dalam sambutannya mengatakan, "LSP UNY menjadi salah satu garda depan dalam memenuhi indikator kinerja mahasiswa bersertifikasi kompetensi".

Ditambahkan oleh Arwan Nur Ramadhan selaku Ketua LSP UNY Periode 2021-2024. "Saat ini, perhatian pimpinan sangat luar biasa terhadap LSP UNY, kita diberikan dana lebih dari 260 juta rupiah untuk merealisasikan program kerja LSP UNY di tahun 2021, Semoga upaya kita mensertifikasi kompetensi mahasiswa menjadi salah satu langkah pengakuan kompetensi mahasiswa UNY untuk dapat bersaing di industri kerja".

Setelah MUK berhasil disusun, akan divalidasi oleh rekan sejawat dan dari tim sertifikasi di LSP UNY. Hal ini dilakukan untuk memastikan perangkat assement yang disusun, sudah memenuhi standar dan komprehensif yang nantinya akan diujikan kepada mahasiswa.