KEGIATAN WORKSHOP PENYUSUNAN KURIKULUM BERBASIS OUTCOME (LUARAN) OLEH PUSAT PENGEMBANGAN MUTU PERGURUAN TINGGI LPMPP UNY.

Dalam rangka mensukseskan rangkaian program akreditasi internasional di UNY, Pusat Pengembangan Mutu Perguruan Tinggi di LPMPP menyelenggarakan Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis Outcome (Luaran). Kegiatan ini ditujukan untuk membantu 16 Program Studi UNY yang akan mengikuti akreditasi internasional dalam memahami dan menguasai implementasi Outcome-Based Education (OBE) dan penjaminan mutunya, mulai dari menyusun, melaksanakan, mengukur pencapaian luaran dan mengevaluasi hasil capaian luaran.

Workshop dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama diselenggarakan tanggal 27 Maret 2021 (pukul 09.00-16.00) dengan agenda pemaparan tentang OBE dari narasumber yang diikuti oleh 16 prodi di UNY calon peserta akreditasi internasional.

Narasumber kegiatan ini adalah Dr. B.M. Purwanto, M.B.A. Beliau adalah salah satu mentor dari The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). AACSB adalah badan akreditasi internasional yang ternama untuk sekolah bisnis, dan jaringan pendidikan bisnis terbesar yang menghubungkan siswa, pendidik, dan bisnis di seluruh dunia.Beliau juga banyak membantu divisi penjaminan mutu di Dirjen Belmawa, Kemenristekdikti.

Tahap kedua berupa pemberian tugas mandiri dari narasumber yaitu penyusunan draft awal revisi capaian pembelajaran prodi. Setelah itu dilaksanakan workshop tahap ketiga pada tanggal 10 April 2021, pukul 08.00 - 15.00, dimana narasumber memberikan ulasan reviu/masukan untuk masing-masing prodi atas draft revisi capaian pembelajarannya. Selanjutnya, masukan tersebut menjadi referensi untuk menyusun revisi kurikulum prodi.

Rangkaian workshop tersebut berjalan lancar dan sesuai target. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti tiga tahapan workshop dari awal sampai akhir. Selanjutnya ke 16 prodi tersebut akan merevisi kurikulumnya dan menyusun dokumen evaluasi diri sesuai ketentuan dari lembaga akreditasi internasional yang dipilih.

 

mmmmmmmm