Applied Approach Untuk Dosen UNY

Applied Approach Untuk Dosen UNY
Menjadi profesional tidak bekerja karena dibayar, tapi harus dibayar karena pekerjaannya.” Kurang lebih begitulah kutipan kata-kata ibu Nurfina Aznam (Wakil Rektor 1 UNY) dalam sambutannya.

Senin 9 Juli 2012, Pusat Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Profesi Nonkependidikan (P3TKN) LPPMP UNY mengadakan pelatihan Applied Approach(AA) untuk dosen UNY. Bertempat di lantai 4 gedung LPPMP UNY, Pelatihan AA kali ini diikuti oleh 32 dosen UNY dari berbagai fakultas.

Pelatihan AA untuk dosen UNY ini akan berlangsung selama 6 hari. Instruktur yang mengisi pelatihan ini terdiri dari dari dosen-dosen senior UNY, Prof. Dr. Nurfina Aznam, SU. Apt., Prof. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed, Prof. Dr Suwarsih Madya, Prof. Dr. C. Asri Budiningsih, Prof. Dr. Anik Gufron, M.Pd, Dr. Djaelani, Dr. Sunaryo Sunarto, Dr. Haryanto, M.Pd, Dr. Sudiyatno, ME, Prof. Dr. Herminanto Sofyan dan Prof. Dr. Abdul Gafur.

Selama enam hari tersebut materi yang akan diajarkan adalah strategi peningkatan kualitas pendidikan tinggi II yang terdiri dari Etika dan Moral dalam pembelajaran, Total kualiti Manajemen (TQM) dan Aplikasi Tindakan Kelas dalam Pembelajaran. Kemudian pendekatan konstruktifistik dalam pembelajaran,Pengembangan Kurikulum, Assesment autentik, Media dalam pembelajaran, penulisan bahan ajar, evaluasi program pembelajaran, panduan praktikum, rekonstruksi mata kuliah dan presentasi rancangan kontrak perkuliahan.

Melalui materi-materi tersebut diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas peserta dan tentunya meningkatan kualitas akademis mahasiswa UNY secara umum.

Tags: