12th UNY Job Fair 2019

.

Pusat Pengembangan Karir LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan 12th Job Fair di Auditorium UNY pada Selasa-Rabu (25-26/6). Job Fair diikuti oleh 37 perusahaan dari DIY maupun luar DIY yang membuka 3.125 lowongan kerja dari berbagai tingkat pendidikan, mulai dari SMA hingga S1. Menurut Ketua Panitia Job Fair UNY Minta Harsana, tujuan diadakan Job Fair ini adalah untuk menyerap tenaga kerja dan mengurangi tingkat pengangguran sekaligus mempercepat masa tunggu alumni dalam memperoleh pekerjaan. “Manfaat untuk perusahaan adalah mereka dapat menemukan kandidat untuk perusahaan” kata Minta Harsana “Sedangkan bagi job seeker, ajang ini merupakan tempat yang potensial untuk menemukan pekerjaan yang sesuai”. Dalam job fair ini pencari kerja dapat langsung memasukkan lamaran ke bagian rekruitmen masing-masing perusahaan, dan informasi posisi pekerjaan yang dibutuhkanpun lebih akurat serta terdapat banyak pilihan jenis posisi pekerjaan.

Kegiatan dibuka Wakil Rektor III UNY Sumaryanto dengan pemukulan gong. Wakil Rektor III menyambut baik diselenggarakannya Job Fair ini dan mengingatkan agar jajaran kemahasiswaan harus bersinergi dalam perspektif pekerjaan. “Mari kita berkolaborasi pada produk perusahaan dengan lulusan sekolah” kata Sumaryanto “Kami juga minta feedback agar apa yang dibutuhkan mitra kerja match dengan UNY”. Menurutnya, parameter alumni yang hebat adalah cepat lulus, IPK tinggi, bekerja sesuai kompetensinya dan masa tunggu singkat. Masa depan dan karier harus direncanakan agar masa depannya baik. Wakil Rektor III juga mengingatkan perlunya alumni memiliki jejaring.

Salah satu pengunjung job fair, Diva Nanda, merasa senang dengan adanya job fair ini karena bisa mempermudah mencari pekerjaan. Alumni prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta tersebut  berharap agar kegiatan ini rutin diadakan karena bisa menjembatani para job seekers. “Dengan job fair seperti ini juga bisa menambah wawasan kami” tutupnya. (Dedy)