WORKSHOP REKONSTRUKSI BUKU APPLIED APPROACH

Dosen sebagai pendidik profesional dan ilmuwan mempunyai tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat (UU No 14, 2005) sehingga dosen memiliki kontribusi dalam membentuk sumberdaya manusia dan bangsa. Dosen yang kompeten melaksanakan tugasnya adalah dosen yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial yang diperlukan dalam praktik pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sejak tahun 1993, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi bekerjasama Pusat Antar Universitas–Pengembangan dan Peningkatan Aktivitas Instruksional (PAU-PPAI), mengembangkan kompetensi pedagogik melalui penyelenggaraan Pelatihan Applied Approach (AA) bagi dosen seluruh Indonesia. AA merupakan program kelanjutan peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI).

Dengan diterbitkannya UU nomor 14 Tahun 2005, Ditjen Dikti merancang penguatan sistem pengembangan standar kompetensi pedagogik melalui program PEKERTI dan Program Applied Approach (AA) bagi dosen perguruan tinggi. Sejak tahun 2007, Universitas Negeri Yogyakarta telah mendapat mandat dari Ditjen Dikti untuk mengembangkan dan menyelenggarakan program PEKERTI dan AA secara mandiri.

Di masa pandemik Covid 19, Pusat Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran (PIP3) LPMPP UNY telah mengembangkan dua model pelatihan AA, yaitu pelatihan AA tatap muka (luring) dan pelatihan AA daring. Untuk mendukung program pelatihan AA yang berkualitas, buku AA telah mengalami tiga kali rekonstruksi di tahun 2009, 2016 dan 2019.

Dengan diterbitkannya Permendikbud No 03 tahun 2020 tentang standar pendidikan tinggi dan kebijakan kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), maka buku Applied Approach (AA) terbitan 2019 perlu direkonstruksi kembali melalui program “Workshop Rekonstruksi Buku Applied Approach”.

Kegiatan workshop dilaksanakan pada tanggal 06 April 2021 di hotel UNY, dengan mengundang narasumber Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) yang diwakili Kolonel Sus Drs. Holimin, S.APd.,M.Si. (Kepala Penjaminan Mutu AAU). Usulan dan masukan beliau, bahwa materi AA perlu ditambahkan contoh dan model pembelajaran untuk Pendidikan kedinasan yang mampu memotivasi mahasiswa agar memiliki daya juang belajar. Workshop diikuti oleh 14 dosen penulis buku AA versi 2021 dan dibuka oleh Wakil Rektor UNY Bidang Akademik dan Kerjasama Prof. Dr. Margono, MPd.,MA.

Adapun tujuan workshop adalah : 1) merekonstruksi Capaian Pembelajaran Pelatihan Applied Approach, 2) Membuat desain model pelatihan Daring dan Luring berbasis kolaboratif dan partisipatif peserta pelatihan, 3) Merekonstruksi buku Applied Approach dengan mengintegrasikan Permendikbud No 03 tahun 2020 dan perkembangan kebijakan Kemendikbud.