WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH 2021 “TETAP BERKREASI WALAU MASA PANDEMI”.

Jurnal WUNY merupakan jurnal yang dikelola di bawah Pusat Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran (PIP3) LPMPP UNY. Salah satu peran jurnal WUNY adalah sebagai media untuk mengembangkan jurnal atau karya tulis, baik dari umum ataupun dari dunia pendidikan. Sebagai bentuk dukungan kepada para guru dan pendidik, jurnal WUNY telah mengadakan workshop penulisan karya ilmiah tahun 2021 dengan tema “ Tetap berkreasi walau masa pandemi”.

Workshop diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 11 Juni 2021, secara daring dengan jumlah peserta kurang lebih sebanyak 200 peserta. Narasumber berasal dari dalam dan luar UNY yaitu dari Disdikpora DIY, dan dari para dosen UNY. Acara dibuka oleh Ketua Lembaga, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa jurnal WUNY dapat dijadikan media menulis karya ilmiah sebagai syarat untuk mencari angka kredit bagi para guru. Disamping itu Ketua LPMPP berharap agar jurnal WUNY dapat memperoleh akreditasi Sinta 2.

Acara dilanjutkan dengan paparan materi dari masing-masing narasumber. Dalam paparannya pemateri dari Disdikpora DIY yaitu Bapak Didik Wardaya menjelaskan pentingnya membudayakan kegiatan meneliti di kalangan siswa, karena itu sekolah harus dapat memberi sarana atau fasilitas bagi guru dan siswa untuk mendukung penelitian dan penulisan karya ilmiah. Peran Perguruan Tinggi sebagai penilai hasil penelitian dan karya ilmiah, sehingga diharapkan bisa memandang sekolah-sekolah supaya mempunyai bibit-bibit yang sama.

Dari narasumber selanjutnya yaitu Prof. Suyanto, Ph.D dengan materi menumbuhkan budaya literasi bagi guru profesional di Era Revolusi Industri 4.0. Dalam materi ini dijelaskan perlunya penguasaan literasi yang terdiri dari literasi bahasa, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya dan kewarganegaraan. Penguasaan literasi ini dimaksudkan untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, yang ke depan akan banyak peran manusia digantikan oleh mesin. Oleh karena itu untuk menghadapi era tersebut dibutuhkan guru yang profesional yang mampu sebagai motivator dan inspirator untuk mencapai keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif.

Untuk meningkatkan profesional seorang guru, para guru dituntut untuk dapat melakukan penelitian yang kemudian dituangkan dalam jurnal karya ilmiah. Hal ini dimaksudkan agar para guru terbiasa melakukan penelitian dan sebagai pemenuhan angka kredit untuk syarat kenaikan pangkat. Dalam ulasan materi selanjutnya disampaikan tentang tatacara melakukan penelitian dan pembuatan jurnal ilmiah untuk para guru dan pendidik.

Sebelum acara ditutup, Ketua pengelola Jurnal WUNY, Dr. Dyah Purwaningsih melakukan pembagian kelompok tim pembuat jurnal beserta pembimbing untuk memberi arahan dan bimbingan kepada para guru dalam membuat karya tulis yang akan ditampilkan dalam jurnal WUNY.