VIRTUAL PREJOB TRAINING OLEH PUSAT SERTIFIKASI DAN KARIER PADA LPMPP UNY

Pusat Sertifikasi dan Karier UNY mempunyai peran dalam pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Negeri Yogyakarta, baik untuk dosen, tendik maupun mahasiswa dan alumni Universitas Negeri Yogyakarta. Untuk mendukung pengembangan mahasiswa dan alumni UNY, pada hari Rabu tanggal 30 September 2020 telah dilaksanakan prejob training secara virtual dengan tema “Apakah Anda Adalah Seorang yang Kompeten Dibutuhkan di Dunia Kerja?”.

Acara prejob training tersebut diikuti oleh 179 orang peserta dari mahasiswa dan alumni UNY. Pada kesempatan ini telah menghadirkan dua narasumber, yaitu Ratna Yuliani Rusdi yang merupakan Head of Human Resources dan Highland Business Adminitration Yayasan Pendidikan Jayawijaya milik PT Freeport Indonesia dan Brigitta Dyah Savitrie yang merupakan Head of Human Capital Asset Management PT Insera Sena (Polygon Bike Group). Sebagai moderator acara adalah Dr. Rosita Endang Kusmaryani, M.Si yaitu Sekretaris Pusat Sertifikasi dan Karier LPMPP UNY.

Acara diawali dengan Laporan Kegiatan oleh Kepala Pusat Sertifikasi dan Karir, Dr. Minta Harsana, M.Sc. Selanjutnya acara dibuka oleh Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd, M.T selaku Sekretaris LPMPP. Dalam sambutannya Sekretaris LPMPP mengharapkan agar acara ini memberi bekal dan manfaat bagi mahasiswa dan alumni UNY dalam memasuki dunia kerja yang semakin kompetitif.

Dalam materinya, narasumber Ratna Yuliani Rusdi menyampaikan enam kompetensi utama yang harus dimiliki oleh para karyawan dan kandidat yang tertarik bekerja di YPJ. Keenam kompetensi tersebut antara lain integritas, menghormati orang lain, komitmen terhadap organisasi, kepekaan budaya, minat belajar, dan kerja sama tim. Kompetensi tersebut perlu ditekankan mengingat orang-orang yang bekerja di YPJ PT Freeport Indonesia dalam tugasnya bersentuhan dengan dunia pendidikan. Selain itu, lembaga ini juga memiliki diversitas budaya yang tinggi, sehingga harmonisasi kerja sangat dikedepankan.

Narasumber kedua, Brigitta menekankan pada pentingnya attitude yang berupa work ethic. Dalam pendapatnya, work ethic ini dapat dibangun dengan cara berupaya untuk berada di lingkungan yang positif, mengisi pikiran kita dengan hal-hal yang positif, mengontrol emosi, menjadi pribadi yang menyenangkan, menjadi pribadi yang kreatif, dan bersedia mengambil tanggung jawab dan kesempatan. Selain itu, Brigitta juga menyampaikan tentang proses yang dilakukan PT Insera Sena untuk mendapatkan kandidat yang kompeten. Proses tersebut meliputi talent acquisition, behavior interview dengan STAR Method. Tepat pukul 12 siang acara ditutup oleh moderator dengan beberapa kesimpulan yang bermanfaat bagi peserta.