Sosialisasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) Perguruan Tinggi

Rabu(24/4/20113) Pusat Penjaminan Mutu(PenJaMu) LPPMP UNY  mengadakan sosisalisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan tinggi. Acara diselenggarakan di Ruang Sidang Utama Gedung Rektoreat UNY. Dalam acara ini PenJaMu mengundang perwakilan bagian penjaminan mutu beserta pejabat hingga kepala bagian seluruh fakultas dan lembaga di UNY. Pembicara dalam sosialisasi ini adalah Dr. Ir.  Ahmad Darobin Lubis, M.Sc dari Institut Pertanian Bogor dan Dr. Sudiyatno, ME Kepala Pusat Penjaminan Mutu LPPMP UNY.

Acara diawali dengan sambutan Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, M.A. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang fase perkembangan dari untrusted hingga menjadi trusted. “Untuk menjadi trusted , seluruh elemen di sebuah universitas harus ikut perperan, seluruh jajaran harus berpartisipasi”, ucap beliau. Upaya penjaminan dan peningkatan mutu perguruan tinggi sulit dilepaskan keterkaitannya dengan manajemen mutu dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), dimana semua fungsi manajemen yang dijalankan diarahkan semaksimal mungkin dapat memberikan layanan yang sesuai dengan atau melebihi standar nasional.

Pembicara pertama acara ini adalah Dr. Ir.  Ahmad Darobin Lubis, M.Sc, beliau membahas sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, Menurut beliau, pada dasarnya SPMI merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi (internally driven), untuk mengawasi penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi sendiri secara berkelanjutna (continuous driven) sebagaimana diamanatkan oleh pasal 50 ayat (6) UU. Sisdiknas juncto Pasal 91 PP. No 19 Tahun 2005 tentang SNP.

Kemudian sebagai pembicara kedua Dr. Sudiyatno, ME menyampaikan materi mengenai  SPMI UNY. Beliau menyosialisasikan mulai dari Statuta UNY mengenai Pusat Penjaminan Mutu, hingga tugas dan kewajiban tiap anggota. “Tujuan SPMI UNY adalah menjamin setiap layanan akademik sesuai standar, mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dan mendorong semua pihak/unit di UNY untuk bekerja mencapai standar dan berkelanjutan untuk meningkatkan mutu”, jelasnya.