PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BAGI DOSEN TNI AU ANGKATAN XII, MELALUI PELATIHAN PEKERTI MODEL DARING DI LPMPP UNY

Kerjasama TNI AU dengan Universitas Negeri Yogyakarta, sejak tahun 2007 masih langgeng dan terimplementasikan melalui Pelatihan PEKERTI dan Applied Approach. Di masa Pandemi Covid 19, pelatihan PEKERTI TNI AU Angkatan XXII dilaksanakan pada tanggal 22-26 Maret 2021, sedang tugas mandiri terbimbing mengembangkan perangkat pembelajaran dari 29 Maret – 23 April 2021.

Pada hari Senin, tanggal 22 Maret 2021 acara pembukaan dihadiri Sekretaris LPMPP Prof. Dr. Samsul Hadi, MPd.,MT., Koordinator Dosen dan Instruktur (Koordostur) Akademi Angkatan Udara (AAU) Kolonel Lek. Edwin Wakak Megow,SIP., dihadiri pula kepala dan sekretaris Pusat Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran (PIP3) Dr. Sunaryo Soenarto,MPd, dan Dr. Ratna Wardani, MT. Pembukaan dilakukan melalui teleconference, dimana para pimpinan dua institusi hadir di Studio Audio Visual LPMPP, sementara peserta PEKERTI mengikuti upacara di tempat kerja masing-masing. Peserta PEKERTI TNI Angkatan XXII diikuti oleh enam institusi Pendidikan dan Pelatihan di bawah pembinaan TNI Angkatan Udara, sebagai berikut:

No

Lembaga Pendidikan

Jumlah Peserta

  1.  

Akademi Angkatan Udara

14 orang

  1.  

Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau)

2 orang

  1.  

Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau)

6 orang

  1.  

Lanud Adisumarmo

1 orang

  1.  

Wing Pendidikan Perbekalan (Wingdikkal)

1 orang

  1.  

Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara (Kodiklatau)

1 orang

 

Kolonel Lek. Edwin Wakak Megow,SIP., membacakan sambutan Gubernur Akademi Angkatan Udara yang mensiratkan bahwa dosen AAU harus memiliki kompetensi pedagogik dalam mentransformasi ilmu pengetahuan kapada mahasiswa. Sedangkan dalam sambutannya Prof. Dr. Samsul Hadi, MPd.,MT. menekankan bahwa dosen AAU dengan latar belakang Sarjana dan Magister bidang non kependidikan akan menjadi lengkap kompetensi profesionalnya dengan mengikuti Pelatihan dan Bimtek PEKERTI LPMPP UNY.

Sejak Juli 2020, Pusat Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran (PIP3) Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) bekerjasama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Komputer UNY, mengembangkan materi Massive Open Online Course (MOOC) pada platform Glacier (Global Access for Independent Learning). Sistem ini telah diujicobakan untuk menyelenggarakan Workshop Daring Model Pembelajaran (12 Series) untuk guru yang diikuti oleh 2.296 guru dari seluruh pelosok Wilayah Indonesia. Melalui Glacier.uny.ac.id, bulan September-Desember 2020 telah dimanfaatkan untuk menyelenggarakan pelatihan bimtek PEKERTI dan Applied Approach sebanyak 14 kelas, termasuk enam kelas melaksanakan PEKERTI untuk Lembaga Layanan DIKTI Wilayah IVX Papua-Papua Barat.

PEKERTI model Daring LPMPP UNY, tahun 2021 telah bekerjasama dengan Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk menyelenggarakan PEKERTI (1-5 Maret 2021), dan Applied Approach (8-16 Maret 2021). Kedua peserta pelatihan tersebut sedang melaksanakan tugas mandiri, terstruktur mengembangkan dan merekonstruksi perangkat pembelajaran.