Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan Internasional Mahasiswa UPSI Malaysia

Pusat Pengembangan dan Pelayanan Mata Kuliah Universiter serta Praktek Pengalaman Lapangan (P3MKU serta PPL) selenggarakan “Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan Internasional Mahasiswa UPSI Malaysia” pada Selasa, 04 Februari 2020 bertempat di Ruang Rapat 2 Gedung LPMPP UNY. Kegiatan ini diawali dengan welcoming ceremony yang dibuka Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP), Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M. Pd. Dalam sambutannya, Kepala LPMPP UNY, menyampaikan bahwa Praktik Pengalaman Lapangan Internasional diikuti sepuluh mahasiswa dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Sepuluh mahasiwa itu berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Melayu, Pendidikan Bahasa Inggeris, dan  Pendidikan Ekonomi Rumah Tangga. Mahasiswa tersebut akan mengikuti kegiatan PPL di SMK Negeri 6 Yogyakarta dan SMP Negeri 5 Depok. Praktik Pengalaman Lapangan Internasional akan dilaksanakan mulai 2 Februari 2020 sampai 28 Maret 2020.

Setelah kegiatan welcoming ceremony, langsung dilanjut dengan pembekalan yang menghadirkan empat narasumber dari Pusat Pengembangan dan Peayanan MKU serta PPL dan dari Kantor Interansioanl UNY. Kepala P3MKU serta PPL, Dr. Mukhamad Murdiono, M. Pd. menyampaikan materi pembekalan tentang “Kebijakan PPL Internasional di UNY” dan Sekretaris P3MKU serta PPL, Drs. Ngatman, M. Pd., menyampaikan materi tentang “Teknis Pelaksanaan PPL Internasional di UNY”. Sementara Dyah Setyowati Ciptaningrum, M. Ed., Ed.D dan Soni Nopembri, Ph.D dari Kantor Internasional UNY menyampaikan materi tentang “Pemahaman Lintas Budaya dan Bahasa Indonesia dalam Pengajaran” dan “Orientasi Program PPL dan Pengenalan UNY”. Para mahasiswa dari UPSI Malaysia sangat antusias mengikuti kegiatan pembekalan yang dilaksanakan sampai sore.

Program PPL Internasional sudah beberapa kali dilaksanakan yang merupakan bagian dari kegiatan kerjasama internasional UNY dengan beberapa kampus di luar negeri. Kegiatan PPL Internasional juga melibatkan dosen pembimbing lapangan dan guru pamong yang bertugas untuk mendampingi dan membimbing selama kegiatan PPL Internasional dilaksanakan. (Hadi)