Lokakarya dan Pendampingan Penyiapan Akreditasi Program Studi

Melalui akreditasi, penjaminan mutu suatu program studi dan universitas kepada stakeholders dilakukan secara eksternal dilakukan oleh BAN-PT. Untuk mempersiapkan proses akreditasi seluruh fakultas hingga tingkat program studi di UNY, Jumat dan Sabtu 21-22 Maret 2014, Pusat Penjaminan Mutu LPPMP UNY  mengundang perwakilan dari pengelola prodi di lingkungan UNY dalam acara Lokakarya dan pendampingan Penyiapan Akreditasi Program Studi. Dengan peserta dalam kegiatan lokakarya ini sebanyak 118 orang yang terdiri dari Wakil Tim Penjaminan Mutu 6 Fakultas dan Program Pascasarjana, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman task force dan pengelola prodi/jurusan/fakultas terhadap prosedur/ proses pengajuan akreditasi dan pengisian borang akreditasi serta penyusunan laporan evaluasi diri dan kesiapan prodi dalam menerima visitasi dari asesor BAN-PT.

Hadir membuka acara, Sekretaris LPPMP Prof. Dr. Suwarna, M.Pd, “Dari Proses akreditasi yang dimulai dengan pengisian borang, pelaksanaan evaluasi diri dan penyusunan laporannya, pengiriman borang dan sebagian bukti pendukung ke BAN-PT dan visitasi oleh asesor BAN-PT ke prodi atau universitas Melalui lokakarya ini saya harap universitas dapat ber-progress secara lebih baik untuk meningkatkan dan mempertahankan akreditasi hingga tingkat program study”. Pesan beliau.

Setelah lokakarya, dalam mengisi borang akreditasi dan menyusun laporan evaluasi diri setiap prodi didampingi 1 orang dosen UNY yang merupan asesor BAN-PT dan 1 orang dosen UNY anggota task force dari program studi yang terakreditasi A. Dalam pendampingan juga dilakukan simulasi penilaian terhadap borang dan laporan evaluasi diri proram studi.Hasil dari kegiatan pendampingan berupa borang akreditasi yang telah diisi secara lengkap dan laporan evaluasi diri program studi, kemudian akan direview oleh dosen UNY yang juga asesor BAN-PT.