KEGIATAN PEKERTI BAGI DOSEN MUDA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Salah satu tugas dari Pusat Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran adalah menyelenggarakan kegiatan Bimtek PEKERTI (Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional) yang merupakan program peningkatan kualitas bagi dosen perguruan tinggi yang direkomendasi oleh Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (DIKTI).

Berdasarkan UU nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Ditjen Dikti merancang sistem pengembangan standar kompetensi pedagogik, sehingga Bimtek PEKERTI diakomodasi sebagai sistem pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik tersebut. Untuk mendukung hal tersebut Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Kegiatan Bimtek PEKERTI dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dalam rangka mendukung upaya peningkatan kualitas instruksional dosen di Universitas Negeri Yogyakarta, sehingga dosen yang mengajar di Universitas Negeri Yogyakarta memiliki kelayakan profesi pendidik.

Hal tersebut diperkuat dengan terbitnya Permenristekdikti No. 44 tahun 2015 tentang standar pendidikan tinggi, maka Bimtek PEKERTI menjadi dasar terbentuknya kompetensi dosen dalam mengimplementasikan Student Centered Learning dalam pengelolaan pembelajaran. Dengan adanya PEKERTI maka diharapkan dapat mencapai tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan wawasan dosen tentang penjaminan mutu perguruan tinggi,
  2. Meningkatkan kompetensi pedagogik dosen di Universitas Negeri Yogyakarta,
  3. Mengembangkan perangkat pembelajaran berupa: analisis capaian pembelajaran, RPS/SAP, kisi-kisi pengembangan instrumen penilaian
  4. Membina profesionalitas Dosen Universitas Negeri Yogyakarta dalam melaksanakan pembelajaran yang berkualitas.

Untuk kegiatan Bimtek PEKERTI saat ini diikuti peserta sebanyak 89 dosen kontrak di Universitas Negeri Yogyakarta yang terbagi dalam tiga kelas. Adapun jumlah peserta berasal dari Fakultas Bahasa dan Seni 18 peserta, Fakultas Ekonomi 12 peserta, Fakultas Ilmu Keolahragaan 9 peserta, Fakultas Ilmu Pendidikan 4 peserta, Fakultas Ilmu Sosial 8 peserta, Fakultas MIPA 1 peserta dan Fakultas Teknik 37 peserta. Sedangkan narasumber berasal dari Dosen Universitas Negeri Yogyakarta yang kompeten dalam bidang instruksional.

Metode pembelajaran yang akan digunakan adalah metode pembelajaran Blended Learning, yaitu dengan cara pembelajaran mandiri secara asinkron melalui MOOC UNY Glacier dilanjutkan dengan Video Conference dengan narasumber dan untuk simulasi mengajar dilaksanakan secara luring di Ruang Microteaching LPMPP. Adapun pelaksanaan kegiatan akan dilakukan pada tanggal 16 sampai dengan 26 Oktober 2020. Untuk kegiatan ini setiap peserta harus dapat membuat produk berupa perangkat pembelajaran.

.