Dosen dan Instruktur Akademi Angkatan Udara Pelatihan PEKERTI di LPPMP

November 2013, Pelatihan PEKERTI untuk dosen AAU yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Kurikulum, Instruksional dan Sumber Belajar (PKIS) LPPMP UNY bekerja sama dengan Akademi Angkatan Udara(AAU) memasuki angkatan ke 8.

Terdiri dari dua tahap, tahap teori dan tahap praktek mandiri. Pekerti angkatan ke 8 ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari dosen Angkatan Udara dan Angkatan Darat.  Marsda TNI Tabri Santoso, S.Ip. dalam sambutan yang dibacakan oleh Kol. Firdaus Syamsudin mengajak peserta untuk konsisten dalam tugas, wewenang dan tanggung jawab sebagai pengajar di AAU sekaligus sebagai ujung tombak pelaksanaan transformasi berbagai sistem nilai guna meningkatkan mutu proses belajar dan hasil didik.

Sedangkan Prof.Dr. Wawan S Suherman,M.Ed dalam sambutan pembukaan mengatakan, “Dosen dan instruktur harus selalu mengembangkan kemampuan pedagogis nya agar dapat mengmbangkan kemampuan  siswanya dari waktu ke waktu”ucap beliau. Tugas ini, tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri dan harus bekerja sama untuk meningkatkan kualitas secara menyeluruh.  Karenanya, ia  berterimakasih AAU telah bekerja sama dengan UNY untuk berbagi pengalaman dalam pelatihan ini.

Seperti angkatan sebelumnya materi yang diberikan kepada peserta antara lain ; (1) Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Perguruan Tinggi; (2) Paradigma Teori Belajar dan Motivasi; (3) Dasar-Dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar; (4) Desain Instruksional; (5) kompetensi Pembelajaran; (6) Model-model Pembelajaran Inovatif (7) Metode Pembelajaran; (8) Media dan Sumber Belajar; (9) Penilaian Hasil Belajar; (10) Praktek Mengajar (Praktikum). Di akhir pelatihan, peserta melakukan simulasi mengajar dan diberi penilaian oleh teman sejawat dan instruktur untuk mengevaluasi apa yang sudah dipelajari selama pelatihan.